Minggu, 25 September 2016

Filsafat: Persamaan Dan Perbedaan Antara Filsafat dan Ilmu




Pengertian Filsafat dan Ilmu
  • Pengertian Filsafat
Dalam kamus besar bahasa Indonesia, filsafat (falsafah) adalah pengetahuan dan penelitian dengan akal budi mengenai sebab-sebab, asas-asas hukum dan sebagainya daripada segala yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran dan arti “adanya” sesuatu.
Berikut pengertian Filsafat menurut beberapa pakar:
a.  Immanuel Khant mengatakan bahwa filsafat adalah ilmu dasar segala pengetahuanyang mencakup di dalamnya empat persoalan yaitu:
·         Apakah yang dapat diketahui?
·         Apakah yang boleh kita kerjakan?
·         Sampai dimana pengharapan kita?
·         Apakah yang dinamakan manusia?
b.  Al-Farabi mengemukakan Filsafat adalah ilmu tentang alam yang maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.
c.   Sultan Takdir Alisjahbana berpendapat bahwa filsafat adalah berpikir dengan inshaf, yang dimaksud dengan inshaf adalah berpikir dengan teliti menurut aturan yang pasti.
d.  Dalam pandangan Sidi Gazalba filsafat adalah berpikir secara mendalam, sistematik, radikal, dan universal. Filsafat memiliki ciri pokok, yaitu:
·         Adanya unsur berpikir yang dalam hal ini menggunakan akal
·         Adanya unsur tujuan yang ingin dicapai melalui berpikir tersebut
·         Adanya unsur ciri yang terdapat dalam pikiran tersebut yaitu mendalam

Fisafat secara etimologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Philos (suka, cinta) dan Sophia (kebijaksanaan/kearifan) yang berarti cinta kebijaksanaan. Sedangkan secara istilah filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepercayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis.

Secara singkat, munculnya istilah philosophia awalnya digunakan oleh Pythagoras sekitar abad ke-6 SM. Ketika diajukan pertanyaan kepadanya “Apakah Anda termasuk orang yang bijaksana?” dengan rendah hati ia menjawab: “saya adalah seorang Philosophos atau pencinta kebijaksanaan”.

  • Pengertian Ilmu
Beberapa pakar mengemukakan tentang pengertian ilmu, yaitu:
a.  Moh. Hatta mendefinisikan bahwa Ilmu adalah pengetahuan yang teratur tentang hukum yang kausal dalam suatu golongan masalah yang sama tabiatnya, maupun menurut kedudukannya tampak dari luar, maupun menurut bangunannya dari dalam.
b.  Ashley Montagu menyimpulkan bahwa ilmu adalah pengetahuan yang disusun dari satu sistem berasal dari pengamatan, studi dan percobaan untuk menentukan hakikat prinsip tentang hal yang sedang dikaji.
c.   Karl Pearson mengatakan ilmu adalah lukisan atau keterangan yang komprehensif dan konsisten tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana.
Dari beberpa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa ilm adalah pengetahuan yang disusun secara teratur dan konsisten mengeai fakta pengalaman yang empiris, rasional dan umum.

Persamaan dan Perbedaan antara Filsafat dengan Ilmu
a. Persamaan antara filsafat dan ilmu ialah:
a.    Keduanya mencari rumusan sebaik-baiknya, menyelidiki objek selengkap-legkapnya sampai akar-akarnyat
b.  Kesuanya memberikan pengertian mengenai hubungan atau koheren yang ada antara kejadian-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukkan sebab-sebabnya
c.    Keduanya hendak memberikan sintesis yaitu suatu pandangan yang bergandengan
d.    Keduanya mempunyai metode dan sistem
e.    Keduanya hendak memberikan penjelasan tentang kenyataan seluruhnya timbul dari hasrst manusia (objektivitas) akan pengetahuan yang lebih mendasar.

b. Perbedaan antara filsafat dan ilmu:
a.    Objek material ( lapangan) filsafat itu bersifat universal ( umum) yaitu segala sesuatu yang ada ( realita) sedangkan objek material ilmu ( pengetahuan) bersifat khusus. Artinya ilmu hany terfokus pada disiplin bidang masing- masing secara kaku dan terkotak- kotak dalam disiplin tertentu
b.  Objek formal filsafat itu bersifat non fragmentaris karena mencari pengertian dari segala sesuatu yang ada itu secara luas mendalam dan mendasar. Sedangkan ilmu bersifat fragmentaris, spesifik, dan intensif. Disamping itu objek formal ilmu itu bersifat tekhnik yang berarti bahwa cara ide- ide manusia itu mengadakan penyatuan diri dengan realita,
c.    Filsafat dilaksanakan dalam suatu suasana pengetahuan yang menonjolkan daya spekulasi, kritis, dan pengawasan sedangkan ilmu haruslah diadakan riset lewat pendekatan trial and error. Oleh karena itu nilai ilmu terletak pada kegunaan pragmatis sedang kegunaan filsafat timbul dari nilainya.
d.    Filsafat memuat pertanyaan lebih jauh dan lebih mendalam berdasarkan pada pengalaman realitas sehari- hari sedangkan ilmu bersifat diskursif yaitu menguraikan secara logis yang dimulai dari tidak tahu menjadi tahu.
e.  Filsafat memberikan penjelasan yang terakhir, yang mutlak dan mendalam sampai mendasar sedangkan ilmu menunjukkan sebab- sebab yang tidak begitu mendalam, yang lebih dekat yang sekunder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar