Senin, 03 Oktober 2016

Kesadaran Manusia



Berdasarkan tingkat kesadarannya, kepribadian manusia bisa dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut:
1.       1. Pikiran sadar
Pikiran sadar adalah sebagian kecil dari seluruh kesadaran manusia dalam tingkatan normal yang digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, sehebat apapun prestasi  seseorang, sesungguhnya hal tersebut hanya sebagian kecil dari seluruh kemampuan yang ada dalam dirinya. Ada yang berpendapat bahwa manusia norma baru menggunakan sekitar 7 persen dan orang yang dianggap jenius menggunakan kesekitar 15 persen dari seluruh kemampuan yang ada dalam dirinya.

      2. Pikiran bawah sadar
Pikiran bawah sadar (alam bawah sadar atau batin bawah sadar) adalah bagian dari kesadaran manusia yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a.      Tersembunyi, tetapi dominan
Pikiran bawah sadar seolah-olah tersembunyi (tidak terlihat dan tidak mudah dikendalikan), namun pikiran bawah sadar merupakan bagian yang dominan dari jiwa seseorang. Karena pikiran bawah sadar merupakan bagian yang tersembunyi, gangguan mental yang berat dan sudah lama bisa tertanam tanpa disadari. Oleh karena itu, gangguan mental tesebut dapat mendominasi kepribadian seseorang. Jika seseorang ingin sembuh dari gangguanmental yang sudah tertanam dalam batin bawah sadar, maka ia harus memiliki suatu metode untuk mengendalikan batin bawah sadarnya,
Namun ketika seseorang terhipnotis, batin bawah sadarnya sedang dikendalikan oleh orang lain. Jika anda tidak ingin kmenjadi korban kejahatan hipnotis, maka anda harus memiliki suatu metode untuk  mengendalikan batin bawah sadar anda sendiri.

b.      Menyimpan semua pengalaman hidup
Pengalamn hidup anda sejak lahir hingga saat ini tersimpan dan terprogram di dalam batin bawah sadar anda. Pengalaman tersebut ada yang berbentuk pengalaman manis dan juga pahit, yang direspon secara positif dan negatif.  Pengalaman-pengalaman tersebut dapat mendominasi kepribadian seseorang dalam kesehariannya.

c.      Memberi energi kepada organ tubuh
Di dalam diri setiap manusia ada sejumlah organ tubuh yang sangat penting dan selalu bergerak secara automatis (tanpa diperintah) dan teratur, misalnya jantung paru-paru, otak, dan ginjal. Hal ini menunjukkan bahwa organ-organ tubuh tersebut bekerja tanpa melalui proses pikiran sadar. Batin bawah sadarlah yang memberi enrgi untuk bekerja secara automatis.

d.      Dapat dipengaruhi dengan sugesti
Batin bawah sadar dapat dipengaruhi dengan menggunakan sugesti, baik positif maupun negatif.  Sugesti adalah suatu proses yang terjadi ketika seseorang menerima masukan dan keyakinan yang kuat tanpa bersikap kritis sehingg timbullah kondisi mental dan fisik yang bersifat positif atau negatif pada dirinya.

e.      Bisa dipengaruhi dengan autosugesti
Autosugesti adalah sugesti yang dilakukan seseorang terhadap dirinya sendiri. Tujuan dari melakukan autosugesti adalah untuk memberi sugesti positif ke dalam batin bawa sadar. Autosugesti dapat menangkal berbagai macam sugesti negative yang dihadapinya dalam berbagai macam peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
Autosugesti dapat dilakukan dengan mengucapkan kalimat tertentu berkali-kali di dalam hati dengan penuh keyakinan. Akan lebih baik lagi jika autosugesti dikombinasikan dengan berdoa menurut agama masing-masing, dan disertai dengan latihan pernapasan, relaksasi, dan konsentrasi.

      3. Supra sadar
Supra sadar adalah bagian dari kesadaran manusia yang berada dalam tingkatan tertinggi. Supra sadar memiliki cirri-ciri sebagai berikut:
a. Tingkat kesadaran yang paling tinggi yang merupakan sumber dari semua kesadaran. 
b. Merupakan visi sejati dan menyenangkan, misalnya saat seseorang sedang beribadah atau berdoa dengan khusyuk ketika batin dalam keadaan sangat tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar