Selasa, 11 Oktober 2016

Pendahuluan: Latar Belakang Karakteristik Gaya Belajar



Pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan kelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Pendidikan umumnya dibagi menjadi beberapa tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena melalui pendidikan manusia dapat mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabatnya. Sejalan dengan hal tersebut, pendidikan akan terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan teknologi (Iptek). Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat.proses perubahan dalam belajar menuju ke arah yang lebih baik dan bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain. Proses belajar setiap orang berbeda-beda, sekalipun saudara kembar pastilah memiliki gayanya masing-masing untuk memahami pelajaran.

Proses pembelajaran harus fleksibel, bervariasi dan memenuhi standar untuk disesuai dengan karakteristik peserta didik. Oleh sebab itu, pengetahuan tentang karakteristik peserta didik cukup penting dalam pembelajaran. Dengan pengetahuan tentang karakteristik siswa, guru harus mengetahui kemampuan awal siswa sebagai landasan dalam memberikan materi baru dan lanjutan. Guru juga dapat mengetahui tentang pengalaman belajar siswa, hal ini

berpengaruh terhadap daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan, selain itu juga guru dapat mengetahui tingkat penguasaan yang telah diperoleh siswa sebelumnya. Salah satu karakteristik yang perlu dianalisis adalah gaya belajar mahasiswa. Jika dosen mengetahui gaya belajar mahasiswanya, maka dosen akan lebih mudah untuk mengambil keputusan untuk meningkatkan kualitas proses belajar. Begitu juga dengan mahasiswa, jika mereka mengetahui gaya belajar mereka masing-masing, maka proses pembelajaran akan lebih mudah dan materi yang disampaikan dosen pun akan lebih cepat terserap.
 
Namun faktanya, banyak mahasiswa yang tidak menyadari gaya belajar mereka masing-masing. Di sisi lain, dosen juga tidak memperhatikan karakteristik gaya belajar mahasiswa dalam perkuliahannya. Akibatnya para mahasiswa merasa kesulitan dalam memahami materi perkuliahan yang disampaikan dosen.

Dari latar belakang di atas kiranya sangatlah penting bagi dosen untuk mengetahui gaya belajar mahasiswanya. Hal ini penting karena Perguruan Tinggi wajib memberikan kontribusi dalam mengubah keadaan masyarakat menjadi lebih baik dan maju dengan menyelenggarakan perkulihan yang efektif dan efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar