Sabtu, 01 Oktober 2016

Rasa Percaya Diri


Pemahaman tentang hakikat percaya diri akan lebih jelas apabila seseorang melihat secara langsung berbagai pengalaman yang dialami oleh dirinya sendiri atau orang lain di sekitarnya. Berdasarkan pengalaman tersebut , dapat dilihat gejala-gejala tingkah laku seseorang yang menggambarkan rasa percaya diri atau tidak. Sebelum kita mengetahui makna dari percaya diri, saya akan membahas beberapa contoh peristiwa dan juga ciri-ciri orang yang percaya diri.
   Berikut adalah beberapa contoh peristiwa yang melibatkan beberapa orang dengan latarbelakang pendidikan dan pribadi yang berbeda-beda yang menggambarkan adanya rasa percaya diri.
    1. Ani, siswa smp kelas 3 yang selalu menjadi juara umum di sekolahnya. Suatu ketika, kelasnya mendapatkan guru matematika yang streng dalam mengajar. Setiap kali selesai menerangkan, guru selalu memerintahkan beberapa siswa untuk mengerjakan soal di depan kelas. Kebanyakan  siswa tidak yakin untuk mengerjakan soal tersebut, bahkan merasa takut jika dipilih untuk mengerjakannya di papan tulis. Namun berbeda dengan Ani, dia selalu merasa yakin dan tidak takut jika mengerjakan soal di depan kelas. Bahkan setiap mata pelajaran Ani selalu mengajukan diri jika guru meminta seseorang untuk mengerjakan soal di depan kelas, ia selalu mengajukan dirinya tanpa diperintah.

    2. Bety adalah sarjana ekonomi dari universitas negeri terkenal dengan indeks prestasi memuaskan dan fasih berbahasa inggris. Saat ini, ia bekerja dibagian keuangan diperusahaan swasta berskala internasional. Direktur dikantornya biasa bersikap demokratis dengan memberi kesempat kepada bawahannya untuk bertanya dan mengemukakan pendapat. Namun, mereka jarang berani bertanya dan mengemukakan pendapat. Padahal, diluar rapat banyak sekali masalah yang membuat mereka secara diam-diam menggerutu. Ada juga yang berani bertanya, tetapi dilakukan dengan gugup dan tergagap-gagap. Bety selalu bertanya dan mengemukakan gagasan-gagasan yang cemerlang dan bermanfaat bagi kemajuan perusahaan dimasa mendatang. Selain itu, dengan kefasihannya berbahasa inggris, ia pun mampu berkomunikasi dengan relasi perusahaan yang berasal dari Negara asing. 

Dari kedua peristiwa di atas dapat dilihat bahwa seseorang yang percaya diri dapat terlihat dari kesehariannya. Kepercayaan diri dapat menumbuhkan sugesti yang baik, keyakinan hati terhadap dirinya sendiri bahwa ia mampu dan bisa melakukan sesuatu. Berikut adalah ciri- ciri orang yang memiliki rasa percaya diri :
       1. Selalu bersikakp tenang dalam mengerjakan segala sesuatu
       2. Memiliki potensi dan kemampuan yang memadai
       3. Mampu menetralisir ketegangan yang muncul
       4. Mampu menyesuaikan diri
       5. Memiliki kondisi mental dan fisik yang baik
       6. Memiliki kecerdasan
       7. Memiliki keahlian atau keterampilan
       8. Memiliki pengalaman hidup yang mennempa mentalnya menjadi kuat
       9. Selalu bereaksi positif

     Rasa percaya diri tidak muncul begitu saja pada diri seseorang, namun ada proses tertentu untuk membentuknya. Secara garis besar, rasa percaya diri yang kuat terjadi melalui proses sebagai berikut:
      1. Terbentuknya kepribadian yang baik sesuai dengan proses perkembangan yang melahirkan kelebihan-kelebihan tertentu. 

    2. Pemahaman seseorang terhadap kelebihan-kelebihan yang dimilikinya dan melahirkan keyakinan kuat untuk berbuat segala sesuatu dengan memanfaatkan kelebihan yang dimilkinya.

     3. Pemahaman dan reaksi positif seseorang terhadap kelemahan-kelemahan yang dimilikinya agar tidak menimbulkan rasa rendah diri atau rasa sulit menyesuaikan diri.

    4. Pengalaman dalam menjalani berbagai aspek kehidupan dengan memaksimalkan segala kelebihan yang ada pada dirinya.

Kekurangan dalam diri mungkin akan menghambat seseorang untuk memperoleh rasa percaya dirinya. Dari uraian di atas, pengertian rasa percaya diri secara sederhana bisa dikatakan sebagai sesuatu keyakinan seseorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar